Jumat, 04 Mei 2012

SUDAH KENALKAH ANDA DENGAN FISIOTERAPI?


            Mungkin banyak di antara kita yang belum mengenal tentang fisioterapi. Jangankan masyarakat secara luas, kebanyakan dari tenaga kesehatan pun belum cukup memahami apa dan bagaimana fisioterapi itu. Jika ditinjau dari sejarahnya, sebenarnya fisioterapi sendiri bukanlah hal yang baru dalam dunia kesehatan. Fisioterapi telah lahir di Eropa sejak abad 18 dan lahir di Belanda pada tahun 1887, di Amerika pada tahun 1917 dan di Indonesia pada tahun 1965.

            Lantas mengapa masih banyak orang yang belum mengenal fisioterapi?
Itulah yang menjadi pertanyaan saat ini. Realitas yang berkembang di dalam masyarakat adalah bahwa banyak kalangan yang menganggap fisioterapi sama atau sejenis dengan tukang pijat. Anggapan ini berkembang sebagai bentuk ketidaktahuan mereka tentang fisioterapi.
        Tidak bisa dipungkiri bahwa “massage atau pemijatan” memang merupakan salah satu bentuk modalitas fisioterapi, tetapi bukan satu-satunya modalitas yang digunakan untuk menyembuhkan pasien. Ada banyak modalitas dalam fisioterapi seperti elektroterapi, hidroterapi, manualterapi, exercise, dan lain-lain. Jadi, massage hanyalah salah satu bagian dari beberapa modalitas yang ada.
Penilaian yang keliru juga timbul sebagai akibat pengaplikasian ilmu yang kurang tepat dari segelintir pihak sehingga berdampak pada persepsi masyarakat mengenai fisioterapi. Mereka sering kali hanya memberikan massage kepada pasien, tanpa mempertimbangkan kondisi atau penyakit yang diderita. Padahal massage tidak menjadi solusi untuk semua kasus. Hal-hal inilah yang membentuk persepsi masyarakat tentang fisioterapi. Padahal jika ditinjau dari segi keilmuan, fisioterapi tentu saja tidak boleh dipandang sesempit itu. 

Apakah fisioterapi itu?
Kata “Fisio” (Physio) diambil dari kata physic yang berarti “fisik”. Dan, kata “terapi” (therapy) yang berarti “pengobatan”, juga berarti “usaha untuk memulihkan kesehatan”. Dalam arti, “Fisioterapi” bermakna suatu bentuk pengobatan fisik untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan untuk mempromosikan kesehatan yang optimal, meliputi pemeliharaan, evaluasi, pemulihan fungsi fisik dan kinerja tubuh. 
 Fisioterapi (Physiotherapy atau PT) adalah suatu profesi pelayanan kesehatan berbasis ilmu pengetahuan (evidence base and clinical reasoning) dan metode ilmiah, dengan menggunakan pendekatan biofisika dan biomekanik untuk memperbaiki, memelihara, mempertahankan, mengembalikan, dan mengoptimalkan fungsi gerak manusia sepanjang daur kehidupannya, yang diakibatkan oleh faktor impairtment, disability, dan handicap.
Impairtment bermakna perubahan anatomi dan fisiologi sebagai konsekuensi penyakit, proses patologi, atau lesi. Impairtment terjadi pada tingkat sel, jaringan, organ dan sistem, yang diidentifikasi dengan tanda dan gejala, seperti kelemahan otot, menurunnya derajat gerak sendi, nyeri, dll. Sedangkan disability bermakna terbatasnya fungsi gerak yang terjadi ketika impairment menghasilkan suatu limitasi untuk melakukan suatu aktivitas keseharian (AKS), seperti aktivitas makan-minum, berpakaian, toileting, berjalan, aktivitas produktif (bekerja), dsb.Handicap bermakna ketidakmampuan untuk berinteraksi secara personal atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, hubungannya dengan impairtment atau disability yang membatasi pemenuhan peran normal seseorang.

Di berbagai belahan dunia, fisioterapi  dikenal sebagai berikut:
  • Physio Therapy – Physio Therapist (Eropa) 
  • Physical Therapy – Physical Therapist (USA) 
  • Fysiotherapie – Fysiotherapoieit (Belanda) 
  • Fisioterapi – Fisioterapis (Indonesia) 
  • Kinesi Therapy – Kinesistherapit (France) 
Bagaimana cara fisioterapis menyembuhkan pasien?
Fisioterapi adalah ilmu dan seni pengobatan yang menggunakan khasiat sumber fisis, misalnya panas, dingin, sinar, arus, listrik, massage, manipulasi, dan latihan gerak. Jadi, fisioterapi mengenali dan memaksimalkan masalah potensi gerak yang berhubungan dengan lingkup promosi, preventif, penyembuhan, dan pemulihan.
            Dalam melakukan pengobatan, fisioterapis menggunakan berbagai macam modalitas yang disesuaikan dengan kondisi atau penyakit yang dialami oleh pasien. Berikut ini adalah beberapa modalitas yang digunakan dalam fisioterapi :
1.    Electrotherapy
Modalitas Fisioterapi yang menggunakan arus listrik yaitu berupa :
  • Galvanis - Direct Current ( DC ) 
  • Faradic 
  • Sinusoidal
2. Physical agent,
  •  Athermal agent (MWD Pulsed, SWD) 
  • Cryotherapy (es, massage es, vapocollant spray
  • Hydrotherapy
  • Terapi sinar (IR, UV, Laser)
  • Gelombang suara (US)
  • Terapi Panas (Parafin, Hot pack)




3. Manual therapy 
Terapi yang menggunakan tangan, mulai dari pemeriksaan sampai dengan terapi. Misalnya massage, manipulasi, membetulkan posisi, mobilisasi

4. Functional traning & Devices and equipment
  • Latihan Fungsi (Latihan untuk menggunakan anggota tubuh dalam memenuhi kehidupan sehari-hari (ADL))
  • Peralatan tambahan ( IADL )
          Alat bantu
          Alat adaptasi ( adapted )
  • ADL Assesment - ADL Training
5. Therapuetic Exercise (terapi latihan)
Terapi latihan merupakan suatu modalitas fisioterapi yang dalam pelaksanaannya menggunakan terapi gerak tubuh baik secara aktif maupun pasif (Kisner, 1996). Terapi latihan meliputi active exercise ( penguatan otot. Koordinasi, Sensory integrasi dll ), passive ( ROM, Mobilisasi sendi, streching ) dan teknik khusus seperti Bobath, Balance Exc, Koordinasi, Breathing Exc, Latihan Jalan, dll.

Bagaimana pelayanan fisioterapi?
Fisioterapi ikut dalam interaksi antara fisioterapi, pasien atau klien, famili, dan memberi pelayanan kesehatan dalam proses pemeriksaan potensi gerak dalam upaya penegakan goal dan tujuan. Pengetahuan yang disepakati dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan Fisioterapis yang unik, sehat, yang dimaksud Fisioterapi adalah (maksimalisasi) gerak dan (kemampuan) fungsi. Ilmu yang dipelajari adalah fisika, kemanusiaan, dan ilmu kesehatan serta penggunaan sumber fisis untuk penyembuhan seperti misalnya latihan, teknik manipulasi, dingin, panas serta modalitas elektroterapeutik.
Fisioterapi secara khusus memandang tubuh dan kebutuhan atau potensi gerak merupakan inti penentuan diagnosis dan strategi intervensi dan dengan bentuk apa pun dimana praktek Fisioterapi dilakukan. Bentuk pelayanan fisioterapi akan sangat bervariasi dalam hubungannya dengan dimana fisioterapi bekerja apapun berkenaan dengan promosi, pencegahan, penyembuhan, dan pemulihan kesehatan. Secara mandiri atau bersama-sama dalam team, fisioterapi memeriksa pasien kemudian merencanakan dan memberikan pengobatan dan program pemulihan kepada pasien dan keluarganya.
Pelayanan Fisioterapi relatif aman dari pengaruh yang dapat merugikan kesehatan karena tidak menggunakan obat-obatan atau bahan kimia, demikian pula penyinaran yang dilakukan fisioterapis bukanlah penyinaran yang dapat merusak atau mematikan sel-sel tubuh seperti yang banyak dikhawatirkan oleh sebagian masyarakat. Melainkan sinar infra merah yang kita ketahui terdapat pula pada sinar matahari.
Dalam menjalankan tugasnya fisioterapi bersifat  mandiri, dependensi, ketergantungan dan interdependensi/saling kertergantungan. http://herdinrusli.weblog.com)

Apa saja spesialisasi dalam fisioterapi?
  1. Fisioterapi Tumbuh kembang anak (pediatri) 
  2. Fisioterapi Kesehatan wanita 
  3. Fisioterapi Kesehatan dan keselamatan kerja 
  4. Fisioterapi Usia lanjut (Geriatri) 
  5. Fisioterapi Olah raga 
  6. Fisioterapi Pelayanan medik
 Dimana fisioterapis bekerja ?
Fisioterapi terlibat dalam program-program screening dan pencegahan, pendidikan kesehatan maupun penelitian. Fisioterapis dapat menjadi konsultan pada lembaga-lembaga pendidikan, kesehatan dan sosial yang berkenaan dengan perawatan kesehatan. Fisioterapis memberikan pelayanan Fisioterapi  berupa pelayanan pada sektor privat atau umum di Rumah Sakit, pusat rehabilitasi, puskesmas, klinik, sekolah, tempat kerja, pusat kebugaran dan fasilitas pelatihan olahraga.

Bagaimana cara menjadi seorang Fisioterapis?
Untuk menjadi fisioterapis atau ahli fisioterapi, seseorang harus lulus pendidikan formal fisioterapi. Fisioterapis sendiri diberikan kewenangan tertulis untuk melakukan tindakan fisioterapi atas dasar keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sumber : endfeel_edisi 2


12 komentar:

  1. pelajaran apa sja yg dipelajari utk menjadi physioterapist ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 5 aspek utama yang harus dipahami oleh physioterapist yaitu anatomi, fisiologi, biomekanik, patologi, dan modalitas.

      Hapus
  2. Pelajaran yg dipelajari untuk menjadi fisioterpis untuk setiap semester pada mata kuliah di bangku perkualiahan berbeda - beda namun ada pelajaran dasar yang harus dikuasai oleh calon fisioterapi yaitu pelajaran anatomi , fisiologi dan biomekanik ketiganya merupakan mata perkuliahan yang penting namun bukan berarti mata pelajaran lain tidak penting pada dasarnya semuanya penting .

    BalasHapus
  3. Berapa biaya sekali fisioterapi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisaran biaya fisioterapi berbeda-beda, tergantung penanganannya, biayanya berkisar 100-200rb.

      Hapus
  4. Perimaan mahasiswa jalur khusus tahun ajaran 2014/2015 fisioterapi sdh d buka blm ya???
    Thanx....

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pendaftaran SBMPTN 2015 dibuka pada tanggal 10-31 Mei 2015

      Hapus
  5. Bagus nih... bermanfaat! Informasi apa itu  profesi fisioterapi . Jadi tau deh apa itu fisioterapi he..he..he..

    BalasHapus
  6. Kalau mau daftar fisioterapi di RS apakah harus ada surat rujukan dari klinik atau bidan? Kebetulan keluhan ini diderita oleh org tua saya(ibu) yg mengalami kaku dan sakit pada pergelangan tangan/kaki karena usia lanjut. Dan jika tidak ada surat rujukan apakah bisa langsung daftar utk fisioterapi ? Terima kasih

    BalasHapus
  7. Kalo jadi fisioterapinya pemain bola itu gimana?

    BalasHapus
  8. Trimakasih Infonya yuk mampir balik , Mengenal Fisioterapi dan Fisioterapis Indonesia =>>>bit.ly/1QeGkDB

    BalasHapus
  9. mantap artikelnya,
    salam fisioterapi
    Jaringan Fisioterapi Indonesia
    www.nurazri.com

    BalasHapus